SASARAN DAN RUANG LINGKUP ETIKA BISNIS
Setelah melihat penting dan relevansi etika bisnis ada baiknya jika kita
tinjau lebih lanjut apa saja sasaran dan lingkup etika bisnis itu. Ada
tiga sasaran dan ruang lingkup pokok etika bisnis di sini, yaitu:
1. Etika bisnis sebagai etika profesi membahas berbagai prinsip,
kondisi, dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan
etis. Dengan kata lain, etika bisnis pertama-tama bertujuan untuk
menghimbau para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara baik dan
etis.
2. Menyadarkan masyarakat, khususnya konsumen, buruh, atau karyawan dan
masyarakatluas pemilik aset umum semacam lingkungan hidup, akan hak dan
kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapa
pun juga. Pada tingkat ini, etika bisnis berfungsi untuk menggugah
masyarakat untuk bertindak menuntut para pelaku bisnis untuk berbisnis
secara baik demi terjaminnya hak dan kepentingan masyarakat tersebut.
Etik bisnis mengajak masyarakat luas, entah sebagai kartawan, konsumen,
atau pemakai aset umum lainnya yan gberkaitan dengan kegiatan bisnis,
untuk sadar dan berjuang menuntut haknya atau paling kurang agar hak dan
kepentingannya tidak dirugikan oleh kegiatan bisnis pihak mana pun.
3. Etika bisnis juga berbicara mengenai sistem ekonomi yang sangat
menentukan etis tidaknya suatu praktek bisnis. Dalam hal ini, etika
bisnis lebih bersifat makro, yang karena itu barang kali lebih tepat
disebut etika ekonomi. Dalam lingkup makro semacam ini, etika bisnis
berbicara mengenai monopoli, oligopoli, kolusi, dan praktek-praktek
semacamnya yang akan sangatmempengaruhi tidak saja sehat tidaknya suatu
ekonomi melainkan juga baik tidaknya praktek bisnis dalam sebuah negara.
Post a Comment