FUNGSI PENGARAHAN

—BAB 10
FUNGSI PENGARAHAN

—A.PENGERTIAN PENGARAHAN
— Fungsi pengarahan (directing=actuating=leading=penggerakan)
—Ini adalah fungsi terpenting paling dominan dalam proses manajemen.
—Pokok-pokok masalah yang dipelajari pada fungsi pengarahan atau directing adalah :
1.Tingkah laku Manusia (human behavior)
2.Hubungan Manusiawi (Human Relation)
3.Komunikasi(communication)
4.Kepemimpinan(Leadership)
—Orang-orang yang mengemukakan Tingkah laku Manusia adalah :
—Elton Mayo dan Fritz Rothlisberger dengan teorinya Human Science Theory
—Douglas McGregor dengan teori X dan Y.
—D.yung dengan teori Introvert,Extrovert, dan Ambivert-nya.
—Kobert Owen dan Andrew Uro, dengan Heredity dan Environment-nya.
—Clare W.Graves, dengan Tipe-tipe Tingkah laku Manusia.
—Dr.Thoshitaka Nomi,dengan teori Golongan darah.
—HUBUNGAN MANUSIAWI

Hubungan manusiawi ini tercipta serta di dorong oleh kebutuhan dan kepentingan yang sama
—The nature of Man
—The nature of Organitaztion
—KOMUNIKASI

Tanpa komunikasi proses Mnajemen tidak terlaksana



Hambatan

Komunikator Pesan Komunikan



Freedback
—Tujuan Komunikasi yaitu, untuk memberikan perintah, laporan, informasi, ide, saran, berita dan menjalin hubungan-hubungan dari seorang komunikator kepada komunikan dan penerimanya

—Tipe-Tipe Komunikasi
1.Komunikasi Formal (Formal Communication)
2.Komunikasi Informal (Informal Communication)
—Metode Komunikasi
—Komunikasi Langsung
—Komunikasi Tidak Langsung
—Komunikasi Horizontal
—Komunikasi Dua arah (two way traffic)
—Hambatan-Hambatan Komunikasi
—Hambatan Semantis
—Hambatan Teknis
—Hambatan Biologis
—Hambatan Psikologis
—Hambatan Kemampuan
—Komunikasi dan Proses Manajemen
Peranan komunikasi dalam proses manajemen sangat menentukan berhasil tidak nya seorang manajer mencapai tujuan perusahaan.
—KEPEMIMPINAN
kepemimpinan(Leadership)merupakan intisari manajemen
LEADER adalah Orangnya, sedangkan LEADERSHIP ialah gaya atau style seorang manajer untuk mengarahkan, mengkoordinasi, dan membina parabawahannya agar mau berkerja sama dan bekerja produktif mencapai tujuan perusahaan.
—Fungsi-Fungsi Kepemimpinan
1.Pengambilan keputusan dan merealisasi keputusan itu
2.Pendegelasian wewenang dan pembagian kerja kepada para bawahan
3.Meningkatkan daya guna dan hasil guna semua unsur manajemen
4.Memotivasi bawahan supaya bekerja efektif dan bersemangat
5.Mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan loyalitas bawahan
6.Pemrakarsa, Penggiatan, dan pengendalian rencana.
7.Mengkoordinasi dan Mengintegrasi kegiatan-kegiatan bawahan
8.Penilaian prestasi dan pemberian teguran atau penghargaan kepada bawahan
9.Pengembangan bawahan melaui pendidikan atau pelatihan
10.Melaksanakan pengawasan melekat (waskat) dan tindakan – tindakan perbaikan jika perlu.
—MACAM-MACAM WEWENANG PEMIMPIN.
1.Formal Authority (wewenang resmi)
2.Personality Authority (kewibawaan)


—HAL-HAL YANG MNYEBABKAN SESEORANG MENJADI PEMIMPIN ADALAH :
1.Tradisi (warisan)
2.Kekuatan (Pribadi)
3.Pengangkatan (Atasan)
4.Pemilihan
—Teori-Teori Kepemimpinan
—Teori Sifat (the traitist theory of leadership)
—Teori Kepemimpinan situasional
—Tipe-Tipe dan Gaya-Gaya Kepemimpinan
1.Deserter
2.Bureaucrat
3.Missionary
4.Develover
5.Autocrat
6.Beneloven
7.Compromiser
8.Exsecutiv
—MOTIVASI
Berasal dari bahasa latin, MAVERE yang berarti dorongan atau daya penggerak.
—Pengertian Motif dan Motivasi

Tingkah laku seseorang di pengaruhi serta di rangsang oleh keinginan.Kebutuhan, tujuan, dan kepuasannya.Rangsangan timbul dari diri sendiri dan dari luar.
Rangsangan ini akan menciptakan “motif dan motivasi “ yang mendorong orang bekerja untuk memperoleh kebutuhan dan kepuasan dari hasil kerjanya.
Motif dapat di artikan sebagai Driving Force yang menggerakan manusia untuk bertingkah laku dan berbuat untuk tujuan tertentu.
—ASAS-ASAS MOTIVASI
1.Asas mengikutsertakan.
2.Asas komunikasi.
3.Asas Pengakuan
4.Asas wewenang yang didelegasikan
5.Asas adil dan layak
6.Asas perhatian dan timbal balik
—Model-Model Motivasi
—Model Tradisional
—Model Hubungan manusia
—Model Sumber daya Manusia
—Teori-teori Motivasi

1.Teori kepuasan (Content Theory)
2.Teori Proses (Process Theory)
3.Teori Pengukuhan (Reinforcement Theory)

● —Teori Kepuasan (Content Theory) ini dikenal antara lain:
1.Theory Motivasi klasik oleh F.W.Taylor.
2.Maslows need hierarchy Theory (A Theory of Human Motivation) oleh A.H Maslow
3.Herzberg To Factors Motivation Theory oleh Frederick Herzbreg
4.Mc.Clelland AchievemantMotivation Theory oleh Mc clelland
5.Exixtence, Relatedness and Growht (ERG) teori oleh Alderfer
6.Teori Motivasi Human Relations
7.Teori Motivasi Claude S.George
—Teori Proses
a)Teori harapan (Expectancy Theory)

Prinsip teori harapan
1.P=f(MxA)
2.M=f(V1xE)
3.V1=f(V2xI)

Keterangan:

P=Perfomance V=Valence

M=Motivasi E=Expectancy

A=Ability I=Instrumentality
—b) Teori keadilan
Teori keadilan merupakan daya penggerak yang memotivasi semangat kerja seseorang, jadi atasan harus bersifat adil terhadap semua bawahnnya.
—Teori Pengukuhan

Teori Pengukuhan ini terdiri dari dua jenis:
a)Pengukuhan Positif (Positive reinforcement)
b)Pengukuhan Negatif (Negative Reinforcement)

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | CAH MANAGEMENT | TITISAN SAMUDERA
Copyright © 2011. MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SAMUDERA
Proudly powered by Blogger