BAB 10
FUNGSI PENGARAHAN
FUNGSI PENGARAHAN
Fungsi pengarahan (directing=actuating=leading=penggerakan)
Ini adalah fungsi terpenting paling dominan dalam proses manajemen.
Pokok-pokok masalah yang dipelajari pada fungsi pengarahan atau directing adalah :
1.Tingkah laku Manusia (human behavior)
2.Hubungan Manusiawi (Human Relation)
3.Komunikasi(communication)
4.Kepemimpinan(Leadership)
Orang-orang yang mengemukakan Tingkah laku Manusia adalah :
Elton Mayo dan Fritz Rothlisberger dengan teorinya Human Science Theory
Douglas McGregor dengan teori X dan Y.
D.yung dengan teori Introvert,Extrovert, dan Ambivert-nya.
Kobert Owen dan Andrew Uro, dengan Heredity dan Environment-nya.
Clare W.Graves, dengan Tipe-tipe Tingkah laku Manusia.
Dr.Thoshitaka Nomi,dengan teori Golongan darah.
HUBUNGAN MANUSIAWI
Hubungan manusiawi ini tercipta serta di dorong oleh kebutuhan dan kepentingan yang sama
The nature of Man
The nature of Organitaztion
KOMUNIKASI
Tanpa komunikasi proses Mnajemen tidak terlaksana
Hambatan
Komunikator Pesan Komunikan
Freedback
Tujuan Komunikasi yaitu, untuk memberikan perintah, laporan, informasi, ide, saran, berita dan menjalin hubungan-hubungan dari seorang komunikator kepada komunikan dan penerimanya
Tipe-Tipe Komunikasi
1.Komunikasi Formal (Formal Communication)
2.Komunikasi Informal (Informal Communication)
Metode Komunikasi
Komunikasi Langsung
Komunikasi Tidak Langsung
Komunikasi Horizontal
Komunikasi Dua arah (two way traffic)
Hambatan-Hambatan Komunikasi
Hambatan Semantis
Hambatan Teknis
Hambatan Biologis
Hambatan Psikologis
Hambatan Kemampuan
Komunikasi dan Proses Manajemen
Peranan komunikasi dalam proses manajemen sangat menentukan berhasil tidak nya seorang manajer mencapai tujuan perusahaan.
KEPEMIMPINAN
kepemimpinan(Leadership)merupakan intisari manajemen
LEADER adalah Orangnya, sedangkan LEADERSHIP ialah gaya atau style seorang manajer untuk mengarahkan, mengkoordinasi, dan membina parabawahannya agar mau berkerja sama dan bekerja produktif mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi-Fungsi Kepemimpinan
1.Pengambilan keputusan dan merealisasi keputusan itu
2.Pendegelasian wewenang dan pembagian kerja kepada para bawahan
3.Meningkatkan daya guna dan hasil guna semua unsur manajemen
4.Memotivasi bawahan supaya bekerja efektif dan bersemangat
5.Mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan loyalitas bawahan
6.Pemrakarsa, Penggiatan, dan pengendalian rencana.
7.Mengkoordinasi dan Mengintegrasi kegiatan-kegiatan bawahan
8.Penilaian prestasi dan pemberian teguran atau penghargaan kepada bawahan
9.Pengembangan bawahan melaui pendidikan atau pelatihan
10.Melaksanakan pengawasan melekat (waskat) dan tindakan – tindakan perbaikan jika perlu.
MACAM-MACAM WEWENANG PEMIMPIN.
1.Formal Authority (wewenang resmi)
2.Personality Authority (kewibawaan)
HAL-HAL YANG MNYEBABKAN SESEORANG MENJADI PEMIMPIN ADALAH :
1.Tradisi (warisan)
2.Kekuatan (Pribadi)
3.Pengangkatan (Atasan)
4.Pemilihan
Teori-Teori Kepemimpinan
Teori Sifat (the traitist theory of leadership)
Teori Kepemimpinan situasional
Tipe-Tipe dan Gaya-Gaya Kepemimpinan
1.Deserter
2.Bureaucrat
3.Missionary
4.Develover
5.Autocrat
6.Beneloven
7.Compromiser
8.Exsecutiv
MOTIVASI
Berasal dari bahasa latin, MAVERE yang berarti dorongan atau daya penggerak.
Pengertian Motif dan Motivasi
Tingkah laku seseorang di pengaruhi serta di rangsang oleh keinginan.Kebutuhan, tujuan, dan kepuasannya.Rangsangan timbul dari diri sendiri dan dari luar.
Rangsangan ini akan menciptakan “motif dan motivasi “ yang mendorong orang bekerja untuk memperoleh kebutuhan dan kepuasan dari hasil kerjanya.
Motif dapat di artikan sebagai Driving Force yang menggerakan manusia untuk bertingkah laku dan berbuat untuk tujuan tertentu.
ASAS-ASAS MOTIVASI
1.Asas mengikutsertakan.
2.Asas komunikasi.
3.Asas Pengakuan
4.Asas wewenang yang didelegasikan
5.Asas adil dan layak
6.Asas perhatian dan timbal balik
Model-Model Motivasi
Model Tradisional
Model Hubungan manusia
Model Sumber daya Manusia
Teori-teori Motivasi
1.Teori kepuasan (Content Theory)
2.Teori Proses (Process Theory)
3.Teori Pengukuhan (Reinforcement Theory)
● Teori Kepuasan (Content Theory) ini dikenal antara lain:
1.Theory Motivasi klasik oleh F.W.Taylor.
2.Maslows need hierarchy Theory (A Theory of Human Motivation) oleh A.H Maslow
3.Herzberg To Factors Motivation Theory oleh Frederick Herzbreg
4.Mc.Clelland AchievemantMotivation Theory oleh Mc clelland
5.Exixtence, Relatedness and Growht (ERG) teori oleh Alderfer
6.Teori Motivasi Human Relations
7.Teori Motivasi Claude S.George
Teori Proses
a)Teori harapan (Expectancy Theory)
Prinsip teori harapan
1.P=f(MxA)
2.M=f(V1xE)
3.V1=f(V2xI)
Keterangan:
P=Perfomance V=Valence
M=Motivasi E=Expectancy
A=Ability I=Instrumentality
b) Teori keadilan
Teori keadilan merupakan daya penggerak yang memotivasi semangat kerja seseorang, jadi atasan harus bersifat adil terhadap semua bawahnnya.
Teori Pengukuhan
Teori Pengukuhan ini terdiri dari dua jenis:
a)Pengukuhan Positif (Positive reinforcement)
b)Pengukuhan Negatif (Negative Reinforcement)
Post a Comment